Nusantara

Komunitas Lingkungan Soroti Krisis Air Bersih Ambon

INDOPOSCO.ID – Sejumlah komunitas peduli lingkungan di Provinsi Maluku, yaitu The Mulung serta Moluccas Coastal Care menyoroti kondisi krisis air bersih yang saat ini mulai melanda beberapa wilayah Kota Ambon.

“Tidak bisa dipungkiri salah satu penyebabnya juga adalah sampah. Apalagi susah sekali di Kota Ambon ada sungai yang bersih dari sampah,” tutur pendiri The Mulung, Olyvia Jasso seperti dikutip Antara Jumat (27/8/2021).

Dia menilai, apabila masyarakat tidak segera memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, maka penyerapan air akan terhambat. Apabila tidak ada kesadaran serta penanggulangan yang baik dari sekarang, maka diprediksi 30 tahun ke depan Ambon akan kesulitan air bersih.

“Jika masyarakat masih buang sampah sembarangan, lalu timbun atau tanam sampah kan nanti membatasi penyerapan air,” ucapnya.

Untuk mempertahankan air bersih, dia menjelaskan The Mulung secara rutin melakukan aksi pembersihan sampah baik di sungai, ataupun di pesisir pantai.” Karena bicara air bersih itu tidak lain dari (masalah) sampah, hutan, juga pohon,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button