Nusantara

Warga Minta RSUD Malingping Dibuka untuk Pasien Covid

INDOPOSCO.ID – Tingginya penularan Corona Virus Disease (Covid)-19 di Provini Banten tidak diiringi dengan fasilitas layanan kesehatan oleh pemerintah daerah. Bahkan, rumah sakit umum daerah (RSUD) Malingping, Kabupaten Lebak, milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten tidak menerima atau merawat pasien Covid-19. Saat ini hanya dijadikan transit untuk selanjutnya dirujuk ke rumah sakit (RS) lain.

Padahal, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah meminta kepada pemprov untuk mengalokasikan 30 persen tempat tidur RS di wilayahnya untuk merawat pasien Covid-19. Mengingat bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit Covid-19 saat ini rata-rata sudah di atas 85 persen.

“Harusnya pak Gubernur berani memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan memfungsikan RSUD Malingping, untuk penanganan pasien Covid-19. Karena di daerah selatan Kabupaten Lebak rumah sakit sangat jauh sekali dan hanya satu yang lengkap,” ujar Sodikin, seorang masyarakat Lebak Selatan kepada INDOPOSCO, Selasa (29/6/2021).

Ia mengatakan, saat salah seorang kerabatnya terpapar Covid-19 beberapa bulan lalu dan dibawa ke RS Malingping. Petugas hanya memberikan surat rujukan ke RSUD Banten di Kota Serang yang berjarak lebih 100 kilometer dari Malingping.

”Makanya tak heran, banyak warga Lebak Selatan lebih cenderung berobat ke Sukabumi dan Pelabuhanratu, Jawa Barat,” cetusnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button