Nusantara

Bea Cukai Yogyakarta Layani Importasi 25 Ton Vanilla Beans untuk Penerima Fasilitas KITE

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 yang melanda berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, memengaruhi berbagai sektor penting secara global. Salah satu yang terkena imbas adalah sektor ekonomi. Berbagai langkah dilakukan pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia, seperti adanya fasilitas insentif pajak, realisasi kredit bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta berbagai kebijakan lainnya.

Salah satu fasilitas kepabeanan yang mendorong perekonomian Indonesia ialah ialah fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) yang merupakan perlakuan kepada barang impor atau barang rakitan yang akan diekspor dan dapat diberikan keringanan bea masuk.

KITE adalah kebijakan dari Menteri Keuangan yang pelaksanaannya dilakukan oleh Bea Cukai. Salah satu penerima fasilitas ini ialah PT Agri Spice Indonesia, eksportir rempah-rempah dengan pasar utamanya antara lain Amerika Utara, Eropa Utara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Perusahaan yang berlokasi di Klaten ini merupakan salah satu penerima fasilitas KITE dari Bea Cukai mulai tahun 2019. “Dengan fasilitas KITE ini, PT Agri Spice Indonesia mendapatkan kemudahan berupa pembebasan bea masuk, PPN, serta PPnBM terutang tidak dipungut atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dan dipasang yang hasilnya untuk diekspor,” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Hengky Aritonang, pada Senin (28/06).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button