Nusantara

Bea Cukai Optimalkan Pemanfaatan DBHCHT Lewat Rapat Koordinasi Bersama Pemda

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai di berbagai daerah kembali melakukan sinergi dengan Pemda setempat dalam mewujudkan optimalisasi pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT). Pada kesempatan ini, sinergi dilakukan oleh Bea Cukai di Sidoarjo, Gresik, Bandung dan Meulaboh.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro, menjelaskan, DBHCHT sendiri merupakan dana yang bersifat khusus dari pemerintah pusat yang dialokasikan ke pemerintah daerah (pemerintah provinsi ataupun pemerintah kabupaten/kota) yang merupakan penghasil cukai hasil tembakau dan/atau penghasil tembakau sebesar 2%.

“Bea Cukai merupakan perantara untuk melakukan monitoring, evaluasi, dan mengawasi agar pemanfaatan DBHCHT dilaksanakan secara tepat sasaran. Sehubungan dengan hal ini, maka perlu kiranya diadakan rapat koordinasi yang berkelanjutan dan terjadwal antara Bea Cukai dengan Pemda,” ujar Sudiro.

Bea Cukai Sidoarjo mengundang empat Pemda yang berada di wilayah kerja-nya, yakni Pemerintah Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Mojokerto dalam rangka mengevaluasi dan menyelaraskan program DBHCHT.

Dalam rapat koordinasi ini, Bea Cukai Sidoarjo memberikan pemaparan berupa penjelasan singkat tentang kegiatan-kegiatan yang mendukung penyerapan DBHCHT, dilanjutkan hasil penilaian semester I.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button