Nusantara

Sudah Setahun, Korban Banjir Lebak Belum Dapat Hunian Tetap

INDOPOSCO.ID – Warga Kabupaten Lebak Provinsi Banten meminta pemerintah segera merealisasikan pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban bencana alam awal 2020 itu.

“Kami sekarang bersama lima anak terpaksa tinggal di saung karena rumah hilang terseret banjir bandang,” kata Ema Erat (55) warga Banjar Irigasi Kabupaten Lebak seperti dikutip Antara, Sabtu (19/6/2021).

Bencana awal 2020 membawa kesengsaraan karena rumah miliknya bersama belasan rumah lainnya hilang, setelah disapu banjir bandang karena letaknya berdekatan dengan aliran Sungai Ciberang. Namun, kata dia, beruntung bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Saat ini, warga yang kehilangan tempat tinggalnya sebagian kembali ke rumah orang tua maupun kerabat yang selamat dari bencana alam itu. Tetapi, sebagian warga korban bencana alam menyewa atau mengontrak rumah.

“Kami sudah berlangsung setahun lebih masih tinggal di saung gubuk sambil menunggu bantuan huntap itu,” katanya menjelaskan.

Begitu juga korban bencana alam lainnya, keluarga Eno Suganda (45) mengatakan dirinya kini tinggal bersama warga di hunian sementara (huntara) yang dibangun lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT). Mereka tinggal di Huntara Kampung Tangguh Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, dengan jumlah 61 kepala keluarga (KK).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button