Nusantara

Lanjutkan Program Kuliah Gratis, Bupati Serang Beri Beasiswa Anak Buruh

INDOPOSCO.ID – Reni Safitri tidak bisa menutupi kebahagiaannya karena mendapatkan beasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang. Ia pun bersama kedua orang tuanya bersilaturahmi langsung dengan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Senin (3/5/2021).

Reni adalah putri dari seorang buruh pabrik kertas di Kecamatan Kragilan. Jika dihitung dari sisi ekonomi, tidak mungkin keluarganya mampu membiayai kuliah Reni di Fakultas Kedokteran yang ternilai sangat mahal. Ia lulus dari sekolah swasta di Kabupaten Tangerang dan lolos di Fakultas Kedokteran Untirta melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Undangan atau tanpa tes tulis.

“Beasiswa ini adalah bentuk karunia Allah SWT, kami hanya perantara. Saya yakin, ini berkat doa orang tua, serta niat yang kuat untuk bisa kuliah. Jika punya prestasi, insya Allah, kami memberikan kesempatan kepada anak-anak Kabupaten Serang untuk bisa kuliah gratis,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melalui keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Tatu berkomitmen untuk terus melanjutkan program beasiswa perguruan tinggi, meski APBD terpengaruh oleh pandemi Covid-19.

“Memamg kekuatan APBD kita terbatas, tetapi jika punya niat, saya yakin kita semua akan dipermudah,” ujar Tatu.

Sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sudah memberikan beasiswa untuk 866 mahasiswa. Di antaranya Fakultas Kedokteran Untirta 9 mahasiswa, D-3 Vokasi Universitas Indonesia 21 mahasiswa, Fakultas Pertanian Untirta 2 mahasiswa, S-1 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 726 mahasiswa, D-1 Teknik Untirta 107 mahasiswa, dan Fakultas Hukum Untirta 1 mahasiswa.

Perwakilan mahasiswa penerima beasiswa juga diundang pada kesempatan tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button