Nusantara

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Jatim Bakal Skat Perbatasan

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan melakukan penyekatan disetiap pintu masuk perbatasan wilayah. Hal itu sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Terlebih, varian baru Covid-19 yang muncul di berbagai negara mulai jadi perhatian dunia. Bahkan, mutasi virus baru itu juga mulai terdeteksi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah masuk ke Indonesia. Untuk itu, Pemprov Jatim kini mulai mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 tersebut.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku akan memperketat penyekatan jalur antar kota dan antar provinsi di perbatasan dengan melibatkan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri. Hal itu menjadi upaya menekan penyebaran Covid-19 yang kini mulai melandai. Orang nomor satu di Jatim itu tidak ingin pacsa lebaran idulfitri kasua terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat kembali.

Selain itu, dalam mengantisipasi masuknya virus Covid-19 baru dari luar negeri, pihaknha juga telah menginstruksikan pada jajaran Forkopimda Jatim untuk memantau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Jawa Timur. Upaya yang dilakukan dengan swab saat PMI tiba di bandara.

“Dilanjutkan isolasi atau karantina selama dua hari di Asrama Haji Surabaya. Bagi yang has swabnya positif langsung akan dirujuk di RS Lapangan Indrapura Surabaya. Swdabgkan yang negatif bisa kembali ke daerah masing-masing dan kembali menjalani karantina yang difasilitasi pemkab atau pemkot hingga tiga hari sebelum bisa kembali ke rumah,” katanya saat menggelar rapat, Senin (3/5/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button