Nusantara

Lintas Sektoral Usul Sekolah Protoleransi-Antiradikalisme

INDOPOSCO.ID – Melalui focus group discussion (FGD), sejumlah pihak lintas sektoral menyusun rancangan usulan sekolah protoleransi dan antiradikalisme. Kegiatan itu digelar Wahid Foundation yang bekerja sama dengan Lembaga Studi Sosial dan Agama Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (9/4/2021).

Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng, DPW Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jateng, serta sejumlah guru tampak hadir pada FGD bertema ‘Penyusunan Draf Usulan Kebijakan Sekolah Damai, Sekolah Protoleransi dan Antiradikalisme’.

Menurut Ketua FKUB Jateng Taslim Sahlan, penyusunan rancangan usulan kebijakan sekolah damai, yakni sekolah protoleransi dan antiradikalisme ini sebagai bentuk keseriusan dalam mencegah terjadinya berbagai bentuk intoleransi di lembaga pendidikan.

Nilai-nilai toleransi, kata dia, harus diajarkan kepada generasi muda sejak dini atau di bangku sekolah. “Dalam hal ini, anak-anak dididik dan ditanamkan untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan sejak dini,” katanya dilansir Antara.

Ia menyebut angka intoleransi di Jateng saat ini mengalami peningkatan sehingga komitmen bersama ini menjadi hal yang bagus sekali.”Indikator sekolah damai, sekolah memberikan keleluasaan fasilitasi kegiatan kerohanian lintas agama,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button