Nusantara

Perempuan sebagai Motor Penggerak Perlindungan Awak Kapal Perikanan

INDOPOSCO.ID – Perempuan merupakan mitra sejajar laki-laki yang memiliki peran dalam pembangunan nasional dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Hasil studi SAFE Seas Project Filipina tentang “Pengaruh Kerja Paksa dan Perdagangan Orang Awak Kapal Perikanan Pada Kerabat Perempuan” turut menunjukan bahwa perempuan dalam rumah tangga Awak Kapal Perikanan (AKP) memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan terkait keuangan rumah tangga termasuk dalam pengajuan negosiasi pinjaman.

Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 8 Maret untuk memperingati perjuangan perempuan di seluruh dunia dalam mendorong perdamaian, keadilan, kesetaraan dan pembangunan.

Stefi Hiborang adalah seorang istri dari AKP asal Pulau Lembeh, Sulawesi Utara. Sebagai istri AKP, Stefi terbiasa untuk ditinggal suaminya karena tuntutan sebagai AKP yang harus melaut selama berbulan-bulan. Stefi mengetahui pekerjaan AKP berat, berbahaya dan pemenuhan hak tenaga kerjanya masih sering terabaikan.

Sebagai perempuan modern, Stefi percaya bahwa dirinya memiliki peran yang penting untuk memperjuangkan kesejahteraan keluarganya dan juga istri AKP lainnya yang memiliki nasib sama dengan dirinya.

Stefi bergabung di Serikat Awak Kapal Perikanan Sulawesi Utara (SAKTI) sejak Oktober 2020 untuk lebih mengetahui tentang isu-isu yang dihadapi AKP terkait hak dan kewajiban kerjanya, dan mengadvokasi ke pemerintah daerah untuk lebih banyak memberikan perhatian terkait perlindungan ketenagakerjaan.

Selama bergabung di dalam SAKTI, Stefi menjadi lebih paham tentang perlindungan AKP, dan dapat menyuarakan hak-hak suaminya. Pengetahuan yang didapatkan Stefi dijadikan aksi kolektif bersama dengan istri dan kerabat perempuan AKP lainnya untuk menyebarluaskan informasi hak AKP secara lisan dan juga melalui Facebook dan WhatsApp.

Melalui aksi ini, hak AKP yang hilang dapat terpenuhi – dan untuk suami Stefi, kini hak Tunjungan Hari Raya (THR) sudah didapatkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button