Nusantara

Bupati Kayong Utara Siapkan Pas Khusus BBM Subsidi bagi Nelayan

INDOPOSCO.ID – Pemkab Kayong Utara, Kalimantan Barat, mendorong penerbitan kartu pas kapal atau tanda daftar khusus kapal di bawah tujuh gross ton untuk mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

“Saya merasa bersalah menjabat bupati jika para nelayan masih kesulitan mendapatkan BBM bersubsidi dan saya tidak rela dunia akhirat jika BBM bersubsidi untuk masyarakat disalahgunakan,” kata Bupati Kayong Utara Citra seperti dikutip Antara, Senin (15/2/2021).

Dikatakan, penyaluran BBM bersubsidi harus tepat sasaran dan dalam pelaksanaanya tidak menyalahi aturan serta nelayan tidak kesulitan mendapatkannya. Untuk itu, diperlukan surat rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan dalam menyalurkan BBM bersubsidi, yang salah satu di dalamnya melampirkan kartu pas kapal.

Selain itu, Citra juga menegaskan, agar ada pengendalian serius oleh pemerintah daerah untuk mengatasi kelangkaan BBM bersubsidi dan besarnya ongkos angkut untuk wilayah kepulauan, yang berakibat mahalnya harga beli nelayan.

“Saya akan putus mata rantai para pemain BBM, yang melakukan penimbunan dan seenaknya menaikan harga ke nelayan,” ujar Citra.

Ia berjanji akan segera mengeluarkan peraturan bupati tentang harga eceran BBM dan bekerja sama dengan Koperasi Polres Kayong Utara dalam penyaluran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button