Nusantara

Kenakan Loreng dan Masker, Pasukan Ini Turun Bukan untuk Perang, Tapi…

INDOPOSCO.ID – Berpakaian loreng dan mengenakan masker. Sejumlah prajurit TNI ini bukan hendak perang. Namun membantu warga untuk memanen padi. Itulah yang dilakukan Pasukan Penjaga Perbatasan (Pamtas) Batalyon 614 Raja Pandhita dengan mengambil ani-ani atau ketam –pisau kecil untuk memanen padi– dan turun ke ladang.

“Kebetulan padi di ladang Ibu Salau Jalung sudah saatnya dipanen, sedangkan ladangnya lumayan luas. Jadi saya kerahkan anggota untuk bantu memanen,” kata Komandan Kompi SSK 2 Satgas Pamtas RI-Malaysia Kapten Infanteri Didik Prasetiyo, awal pekan ini.

Kompi SSK 2 bertugas di Kampung Long Pujungan, kampung di kawasan hulu Sungai Bahau di Malinau, Kalimantan Utara. Dari Long Pujungan, perbatasan RI dengan Malaysia di negara bagian Serawak tinggal sehari perjalanan lagi dengan perahu ketinting dan berjalan kaki menembus hutan rimba.

Sebagai Orang Kenyah, warga Long Pujungan menanam padi miaw. Pada ladang varietas lokal ini menghasilkan beras yang empuk dan pulen. “Dan harum kalau dimasak,” ucap Kapten Didik seperti dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button