Nusantara

Duh, Sulitnya Giring Gajah Liar Kembali Masuk Hutan

INDOPOSCO.ID – Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau kesulitan menggiring dua gajah sumatera liar yang tercerai kembali ke kawanannya dalam upaya mengatasi konflik satwa liar dengan manusia yang sudah berlangsung sekitar 1,5 bulan di Kabupaten Pelalawan.

“Dua ekor gajah ini terpisah dari kelompoknya, kita bantu giring, tapi ini yang susah, karena ada aktivitas manusia di sekelilingnya,” kata Kepala BBKSDA Riau Suharyono dalam pernyataan persnya di Pekanbaru, Kamis (4/2/2021).

Berdasarkan laporan BBKSDA Riau, tim kesulitan menggiring gajah sumatera kembali ke kawanannya antara lain karena kurangnya dukungan dari PT. Langgam Inti Hibrindo (LIH), perusahaan yang karyawannya beraktivitas di jalur lintas gajah.

Berita Terkait

Selain itu, menurut laporan BBKSDA, sebagian warga melakukan tindakan sendiri-sendiri untuk mengatasi konflik dengan gajah sehingga pergerakan gajah justru menjadi tidak terkendali.

“Kami butuh dukungan semua pihak untuk memberi jalan saat melakukan penggiringan gajah agar bisa kembali ke kelompoknya,” kata Suharyono.

Ia menjelaskan, BBKSDA Riau menerima laporan mengenai dua gajah sumatera liar yang masuk ke areal perkebunan warga dan perusahaan kelapa sawit swasta sekitar 1,5 bulan lalu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button