Nusantara

Bea Cukai Uji Coba TPS Online dan Autogate System Online Pelabuhan Batu Ampar

indoposco.id – Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata mengatakan, Batam Logistic Ecosystem (BLE) memerlukan infrastruktur yang memadai agar dapat diimplementasikan dengan efektif. Infrastruktur yang diperlukan di antaranya tempat penimbunan sementara (TPS) online atau daring dan autogate system online (AGS). Kedua infrastruktur tersebut telah diuji coba pada Selasa (12/1/2021) di Pelabuhan Batu Ampar.

“Perwakilan Bea Cukai Batam, Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan instansi terkait telah menguji coba sistem CEISA TPS Online, sistem information technology (IT) TPS Badan Usaha Pelabuhan (BUP), dan AGS. Uji coba tersebut berjalan dengan baik. Pelaksanaan uji coba ini juga menjadi bahan evaluasi untuk menyempurnakan sistem yang sesuai dengan kebutuhan, baik dari sisi government maupun bussiness,” ujar dia, Selasa (19/1/2021).

Serangkaian uji coba sebelumnya telah dilakukan, meliputi uji coba pertukaran data antara Sistem IT TPS BP Batam dengan AGS serta uji coba sistem IT TPS BP Batam dengan sistem TPS online Bea Cukai. Kedua uji coba tersebut berjalan dengan baik, sending-receive berhasil, baik untuk data yang sudah valid maupun temporary. Instalasi auto gate system pun sudah terpasang di Pelabuhan Batu Ampar.

Selain uji coba, Bea Cukai Batam dan Badan Pengusahaan Batam juga telah melakukan pembahasan terkait fasilitas dan perangkat yang diperlukan dalam menunjang kegiatan kepabeanan di Pelabuhan Batu Ampar.

“Untuk tempat pemeriksaan fisik, kebutuhan gamma ray, control room berbasis teknologi informasi, dan lainnya akan mulai dibangun pada Februari 2021. Dalam pengembangan BLE, kami senantiasa menyinkronkan dan menyelaraskan dengan program NLE (national logistic ecosystem), dengan tetap memperhatikan kekhususan kawasan, dan strategi kebutuhan lokal,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Subbagian Dukungan Teknis Bea Cukai Batam, Hery Rusdawan mengatakan ,selain sistem TPS online dan AGS, platform trucking juga merupakan infrastruktur penunjang lainnya dari BLE. Melalui platform trucking ini diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha dalam mencari dan memesan jasa trucking serta transparansi harga lebih terbuka.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button