Nasional

Wujudkan Pendidikan Inklusif, Kemendikdasmen: Kreasi Inisiatif Pembelajaran Siswa

INDOPOSCO.ID – Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKP), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) Toni Toharudin mengatakan, terus mendorong meningkatkan kualitas pendidikan nasional yang bersifat inklusif.

“Kami ingin pendidikan inklusif dan bisa diakses seluruh anak Indonesia,” ujar Toni di sela-sela peluncuran program Kreasi (kolaborasi untuk edukasi anak Indonesia) di Jakarta, Selasa (18/3/2025).

Ia mengatakan, pendidikan inklusif memiliki standar kualitas tinggi dan merata. Untuk mewujudkan itu, menurutnya, butuh sinergitas dan kolaborasi pusat, daerah, swasta dan masyarakat.

“Kreasi ini inisiatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengajaran, pembelajaran siswa,” katanya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, pendidikan menjadi pondasi utama membangun masa depan bangsa. Kehadiran program Kreasi, menurutnya, bisa memperkuat literasi, numerasi karakter PAUD (pendidikan anak usia dini) dan SD (sekolah dasar).

“Program ini menyasar di provinsi Lampung, Kalimantan barat, Maluku Utara, Sumatera Utara,” bebernya.

“Dengan program Kreasi anak bisa mengembangkan potensi mereka,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Kemendikdasmen terus implementasikan pembelajaran mendalam dengan mengedepankan penghormatan setiap individu, sehingga murid mengetahui apa dan bagaimana materi pembelajaran.

“Untuk membentuk karakter siswa, kami tingkatkan kurikulum, sarpras (sarana dan prasarana) juga guru,” ucapnya.

“Kami tingkatkan kompetensi guru dan tingkatkan kesejahteraan mereka,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Save the Children Kurwiany Ukar atau yang akrab disapa Dessy mengatakan, program Kreasi untuk meningkatkan assesmen kurikulum pendidikan hingga pendalaman pemahaman pembelajaran siswa.

“Pada karakter anak pada perlindungan anak hingga memastikan inklusifitas pendidikan,” kata Dessy. (nas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button