Nasional

Bertemu dengan Mendagri, Menteri PANRB Perkuat Kolaborasi Data Adminduk dengan MPP Digital

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus berupaya mengakselerasi kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital. Salah satunya adalah berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait dengan akses penyediaan data Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Terkait dengan kolaborasi tersebut, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas bertemu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Disampaikan, integrasi IKD dengan sistem MPP Digital akan menjadi jalan percepatan dan kemudahan pemberiaan layanan bagi masyarakat.

“Integrasi IKD dengan sistem MPP Digital tentunya akan memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan. Untuk itu, kami memohon kesediaan dari Kementerian Dalam Negeri untuk dapat berkolaborasi terkait hal ini,” ungkap Anas saat bertemu dengan Menteri Dalam Negeri, Senin (27/2/2023).

Disampaikan, IKD yang saat ini terpusat dalam Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) milik Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri telah luar biasa. Karena dengan sistem digitalisasi ini, maka pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil dapat terkoneksi daring secara nasional.

Dengan adanya kolaborasi dan integrasi dalam sistem MPP Digital dengan IKD dan SIAK, maka hal ini juga dapat menjadi pengungkit penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button