Nasional

Antisipasi Banjir, Ganjar Minta Kementerian PUPR Segera Tangani Sungai Lusi

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta penanganan Sungai Lusi masuk prioritas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai upaya jangka panjang pencegahan banjir di Kabupaten Grobogan.

“Sebenarnya kalau tanggulnya tak terlalu sulit, tinggal nambal saja, tapi problemnya ini jangka panjang, sehingga Sungai Lusi segera ditangani dengan perubahan cuaca yang cukup ekstrim ini. Kami tidak mau tahun depan nanti terjadi banjir lagi,” kata Ganjar seperti dikutip Antara, Jumat (13/1/2023).

Ia mengaku sudah menyampaikan permintaan tersebut langsung ke Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kudus. “Alhamdulillah, Pak Basuki sudah hadir keliling Kudus, Jepara, sampai Pati. Saya sudah bilang ke beliau. PUPR kabupaten juga sudah membuat usulan nanti saya akan back up untuk diteruskan ke Pak Basuki agar daerah-daerah kritis terdeteksi sejak awal, sehingga ada titik-titik yang bisa dilakukan peringatan dini,” ujarnya.

Selain limpasan Sungai Lusi dari arah Blora, banjir yang menggenangi desa-desa dan lahan pertanian di Kecamatan Brati juga berasal dari pegunungan Kendeng Utara dan Sungai Tuntang. Apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi atau cuaca ekstrem, air dari pegunungan Kendeng Utara langsung turun ke wilayah Kecamatan Brati yang disebabkan tandusnya kawasan Kendeng Utara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button