Nasional

Dipraperadilankan AKBP Bambang Kayun, Ini yang Ditegaskan KPK

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan proses hukum yang dilakukan terhadap AKBP Bambang Kayun Bagus P.S. sudah sesuai prosedur dan aturan.

“Kami yakin kalau apa yang sudah kami lakukan sudah prosedural, baik dari sisi teknis maupun sisi materi,” ucap Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Ia merespons soal sidang perdana praperadilan Bambang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022), dengan agenda pembacaan permohonan praperadilan dari pihak pemohon (Bambang).

Lebih lanjut, kata dia, KPK tidak mempermasalahkan soal praperadilan yang diajukan Bambang. Menurutnya, setiap orang yang ditetapkan sebagai tersangka oleh aparat penegak hukum mempunyai hak untuk mengajukan praperadilan.

“Ya terhadap orang yang ditersangkakan oleh aparat penegak hukum mempunyai hak untuk melakukan sah atau tidaknya penetapan status tersebut melalui praperadilan,” ujar dia.

KPK telah menetapkan Bambang bersama pihak swasta sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait dengan pemalsuan surat dalam perkara perebutan hak ahli waris PT Aria Citra Mulia (ACM).

Dalam kasus itu, Bambang diduga menerima uang miliaran rupiah dan kendaraan mewah.

“Kemudian dugaan keterlibatan kalau dia BK (Bambang Kayun) disangkakan sebagai penerima tentunya ada pemberi dan nanti pada saatnya saya akan sampaikan siapa pemberinya,” tuturnya.

Sementara soal dugaan adanya keterlibatan oknum lain terkait kasus itu, KPK bakal mendalaminya lebih lanjut dalam proses penyidikan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button