Nasional

Pemerintah Pacu Ekstensifikasi Lahan di Kawasan Lumbung Pangan Kalteng

INDOPOSCO.IDPemerintah terus memacu pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) lumbung pangan atau food estate di Provinsi Kalimantan Tengah, baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi lahan.

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Kalteng, Minggu (27/11), mengatakan peningkatan produksi padi melalui ekstensifikasi lahan atau perluasan sawah di wilayah setempat masih dimungkinkan.

“Sebab, potensi lahan yang sesuai untuk perluasan lahan sawah masih cukup luas,” terangnya seperti dikutip Antara, Minggu (27/11/2022).

Dia menjelaskan pada 2020, pihaknya telah menyelesaikan intensifikasi lahan seluas 30.000 hektare di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau. Kemudian pada 2021 dilanjutkan ekstensifikasi seluas 16.643 hektare dan intensifikasi 14.135 hektare.

“Sedangkan, di tahun 2022 ini dilaksanakan di Kabupaten Kapuas untuk kegiatan intensifikasi seluas 502 hektare dan kegiatan ekstensifikasi seluas 1.175,63 hektare,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wagub menyebut kedaulatan pangan harus dimulai dari swasembada pangan yang secara bertahap diikuti dengan peningkatan nilai tambah usaha pertanian secara luas, guna meningkatkan kesejahteraan petani.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button