Nasional

Mendag Optimistis Indonesia Bisa Jadi Eksportir Wig Nomor Satu Dunia

INDOPOSCO.ID – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan optimistis Indonesia bisa menjadi eksportir wig atau rambut palsu nomor satu di dunia, di mana saat ini Indonesia merupakan eksportir produk wig terbesar kedua di dunia di bawah Tiongkok.

“Saya optimis kinerja ekspor produk rambut palsu Indonesia akan terus mengalami peningkatan. Saya juga berharap dan terus mendorong agar Indonesia mampu menjadi eksportir rambut palsu nomor satu di dunia. Pasar untuk produk wig Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dieksplorasi, termasuk ke pasar-pasar tradisional tujuan ekspor,” jelas Mendag di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat (4/11).

Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan pada acara Pelepasan Ekspor Rambut Palsu PT Victoria Beauty Industrial di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut, Mendag melakukan pelepasan ekspor yang ke-99 di tahun 2022 sebanyak 50.000 buah wig senilai 100 ribu dolar AS dengan tujuan Amerika Serikat.

Mendag menyampaikan, pada periode Januari-Agustus 2022, nilai ekspor produk wig Indonesia tercatat sebanyak 7.169 ton dengan nilai sebesar 287,7 juta dolar AS.

Angka tersebut sedikit menurun dibandingkan dengan nilai ekspor periode yang sama tahun 2021.

Negara-negara tujuan ekspor utama untuk produk rambut palsu atau wig pada periode tersebut yaitu ke Amerika Serikat (78 persen), Jerman (4,55 persen), Inggris (3,71 persen), Korea Selatan (2,91 persen), dan Republik Ceko (0,91 persen).

Sementara pada 2021, nilai ekspor produk rambut palsu Indonesia ke pasar global tercatat sebanyak 11.761 ton dengan nilai total mencapai 421,3 juta dolar AS.

Pada acara pelepasan ekspor tersebut, Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan PT Victoria Beauty Industrial beserta jajaran yang terus mendorong peningkatan ekspor produk rambut palsu.

PT Victoria Beauty Industrial merupakan perusahaan yang strategis karena berorientasi ekspor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button