Nasional

Menteri PUPR: Pelaksana Proyek Bendungan Utamakan Kualitas-Lingkungan

INDOPOSCO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengingatkan kontraktor pelaksana dan konsultan supervisi proyek untuk mengutamakan aspek kualitas, keberlanjutan lingkungan, dan estetika dalam membangun bendungan.

“Konsultan supervisi harus mampu menjalankan fungsi pengawasannya dengan baik karena memiliki peran penting sebagai wakil project owner. Kontraktor pelaksana juga harus memiliki eagerness (keinginan) atau antusiasme untuk menjaga kualitas pekerjaannya,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, seperti dikutip Antara, Sabtu (15/10/2022).

Basuki menyampaikan hal tersebut saat meninjau Bendungan Tiu Suntuk, Bendungan Beringin Sila, dan Daerah Irigasi (DI) Bintang Bano di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (14/10).

Untuk aspek estetika dan lingkungan, Basuki meminta kontraktor pelaksana untuk mengoptimalkan penghijauan, khususnya pada tebing sekitar bendungan.

“Hati-hati jangan tebing-tebingnya dibiarkan telanjang, semuanya harus ditanami. Kalau bisa pasang sprinkler juga agar tebingnya tidak kering,” kata Basuki.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button