Nasional

TNI AL Kerahkan 12 Kapal Perang Amankan KTT G20

INDOPOSCO.ID – TNI Angkatan Laut menyiapkan 12 kapal perang (KRI) untuk mengamankan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung di Bali pada November 2022.

“Sementara ini kita siapkan 12 KRI, nanti kemudian akan kita tunjuk Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat sebagai komando pengendalian operasi (Kodal Ops) dalam rangka pengamanan di lautnya,” kata Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono usai memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) dari Laksamana Madya TNI Abdul Rasyid kepada Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto di Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut dia, untuk rencana pengamanan KTT G20 masih dalam rapat pembahasan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Berita Terkait

Baca Juga : Sejumlah Menteri Pertanian Dunia Akan Bertemu Dalam Agriculture Deputies Meeting di Bali

“Dalam rapat itu juga sudah saya laporkan bahwa kita siap nanti dengan unsur-unsur yang digelar, apakah nanti penggerakan unsur dari pangkalan atau menggunakan unsur gelar. Ini masih dalam rapat, dengan anggaran yang ada harus kita proyeksikan berapa KRI yang disiapkan,” kata Yudo.

Menurut dia, di perairan Bali kemungkinan ada pengamanan dari kapal perang asing yang delegasinya ikut dalam KTT G20.

“Karena ini wilayah teritorial Indonesia, ya tentunya kita yang akan mengendalikan mereka. Di sektor laut ini, kita akan atur di mana posisi kapal perang asing, di mana posisi KRI untuk melaksanakan patroli,” kata mantan Pangkogabwilhan I itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button