Nasional

Praktisi: Kebijakan Pendidikan Seharusnya Bukan Solusi Tunggal

INDOPOSCO.ID – Pegiat pendidikan yang juga Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar, Hikmat Hardono mengatakan kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah hendaknya bukan solusi tunggal yang diterapkan di seluruh Tanah Air.

“Tantangan pendidikan di Tanah Air sebagian besar sama, yakni ketidakadilan dan ketidaksetaraan. Akan tetapi, hendaknya dalam menentukan solusi yang digunakan harus berhati-hati, jangan terjebak dengan menyusun solusi tunggal,” ujar Hikmat di sela konferensi pendidikan Timur Indonesia di Jakarta, Ahad.

Dia menambahkan masing-masing daerah memiliki tantangan yang juga berbeda, mulai dari sosiologi maupun geografis. Pendidikan di Timur Indonesia maupun di Barat Indonesia harus sama-sama diperjuangkan.

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Sebut Seleksi Guru PPPK Dahulukan Pelamar Prioritas

“Untuk itu, kita di sini melakukan konferensi. Fokus konferensi ini menggali pengalaman penggerak di akar rumput. Kita menghindari membuat kesimpulan cepat-cepat, karena nanti dikhawatirkan ada ketidakadilan,” ucapnya.

Dia memberi contoh adanya foto terkait sekolah rusak ataupun anak yang lagi belajar di sebelah sekolah yang rusak. Dulu kebijakan yang dilakukan adalah mengirimkan bahan bangunan maupun mengirimkan materi pembelajaran maupun komputer.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button