Nasional

KemenKopUKM: LDP PPI Berperan Penting Tingkatkan Kompetensi SDM Koperasi

INDOPOS.CO.ID – Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) Ahmad Zabadi mengatakan bahwa keberadaan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) seperti LDP PPI sangat penting dalam upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perkoperasian.

Deputi Bidang Perkoperasian KemenKopUKM Ahmad Zabadi saat menghadiri pelantikan pengurus/manajemen LDP PPI di Wisma LSPPI, Depok, Jawa Barat, Rabu (7/9) juga memberikan apresiasi dan menyampaikan selamat atas pelantikan pengurus/manajemen Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Profesi Perkoperasian Indonesia (LDP PPI).

”Kami harap dengan menejemen yang baru LDP PPI dapat membantu KemenKopUKM dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kecakapan para pengurus koperasi di Indonesia,” katanya.

Zabadi juga berharap LDP PPI turut serta mendorong kemajuan koperasi di Indonesia. Dengan adanya LSP seperti LDP PPI ini akan memacu pelaku koperasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perkoperasian serta kompetensi yang diperlukan dalam mengelola koperasi sebagai entitas bisnis yang bertujuan menngkatkan kesejahteraan anggota.

“Saya berharap LSP ini (LDP PPI) akan berkontribusi dalam menyiapkan SDM koperasi kedepan yang lebih baik. Karena bagaimanapun pengelolaan menejemen koperasi itu mengharuskan adanya prasyarat kompetensi yang unggul,” kata Ahmad Zabadi.

LDP PPI merupakan lembaga yang dibentuk oleh Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Asosiasi Profesi Perkoperasian Indonesia (DPP APPI). LSP ini memiliki tugas untuk melaksanakan kegiatan jasa pendidikan, pelatihan kerja, pemagangan, dan pendampingan bidang perkoperasian, kewirausahaan, dan UMKM.

Baca Juga: KemenKopUKM Sosialisasikan 4 Hal Pokok dalam Draf RUU Perkoperasian

Ahmad Zabadi menambahkan selain bertugas untuk mencetak SDM yang unggul di bidang perkoperasian, LDP PPI ini diharapkan bisa membentuk karakter SDM yang memiliki integritas tinggi terhadap koperasi. Sehingga tidak hanya teori dan konsep tentang koperasi yang dipahami oleh pengurus koperasi namun juga karakter yang baik juga wajib dimiliki oleh pelaku koperasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button