Nasional

KemenKopUKM Gandeng Stakeholder Ciptakan Ekosistem Wirausaha yang Kondusif

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berkolaborasi dengan stakeholder seperti Telkomsel dan Emtek Group sepakat untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan yang kondusif, untuk mendukung penumbuhan calon wirausaha menjadi wirausaha pemula dan akhirnya menjadi wirausaha mapan sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024 yang telah diundangkan pada tanggal 3 Januari 2022.

“Ini merupakan peluang besar yang perlu kita manfaatkan. Untuk mencapai hal ini tentu kita perlu meningkatkan literasi digital UMKM baik dari proses produksi, distribusi, hingga pemasaran,” kata Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM Irwansyah Putra, pada acara Kick Off Digital Creative Entrepreneur (DCE), secara daring, di Jakarta, Rabu (24/8).

Oleh karena itu, lanjut Irwansyah, diperlukan adanya enabler dalam hal ini adalah ekosistem pendukung yang dapat memberikan pendampingan kepada UMKM secara menyeluruh. “Sehingga, dapat mengoptimalkan potensi untuk mendapatkan hasil berupa pertambahan nilai,” kata Irwansyah.

Baca Juga : Bahas Koperasi Bermasalah Efek Homologasi, MenkopUKM Temui Jaksa Agung

Bagi Irwansyah, literasi digital diperlukan tidak hanya untuk menghasilkan pertambahan nilai, tapi juga untuk mentransformasi UMKM menjadi wirausaha.

Terlebih lagi, Presiden Jokowi telah mengamanatkan untuk mendorong percepatan transformasi digital UMKM Indonesia dengan 30 juta UMKM ditargetkan onboarding ke ekosistem digital pada 2024 serta 1 juta UMKM onboarding platform pengadaan barang dan jasa pemerintah (LKPP).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button