Nasional

Peneliti BRIN Temukan Lukisan Figuratif Tertua di Dunia

INDOPOSCO.ID – Peneliti arkeologi Badan Riset dan inovasi Nasional (BRIN) dan tim menemukan lukisan figuratif tertua di dunia, yang diperkirakan berusia 45.500 tahun.

“Sampel yang diambil pada lukisan tersebut dibawa ke lab, dan setelah dianalisis dengan metode uranium series, keluar umur 45.500 tahun yang lalu,” kata peneliti Pusat Riset Arkeometri BRIN Adhi Agus Oktaviana saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Lukisan di dinding gua bergambar babi hutan tersebut ditemukan di Gua Leang Tedongnge, Maros, Sulawesi Selatan pada Desember 2017.

Tim peneliti terdiri dari Adhi Agus Oktaviana dan Budianto Hakim yang merupakan peneliti Pusat Riset Arkeometri BRIN, serta Pindi Setiawan, Basran Burhan, dan Rustan LP Santari yang merupakan kalangan akademisi dan praktisi cagar budaya.

Baca Juga: Saat Komunitas Sopir Truk DKI Gelar Pawai-Lukis di Banjir Kanal Timur

Tim peneliti arkeologi juga menemukan seni lukisan di situs lainnya yang berada di Leang Bulu Sipong, Sulawesi. Lukisan tersebut berusia antara 35.100 tahun hingga 43.900 tahun.

Adhi menuturkan di situs tersebut, terdapat figur Therianthropy, yakni gambar setengah manusia dan setengah binatang. Lukisan itu juga menggambarkan kegiatan perburuan tertua di dunia.

Atas rentetan temuan aneka lukisan figuratif tertua di dunia di gua purba Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan, tim peneliti tersebut meraih Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) XVIII 2022 dalam kategori Sains.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button