Nasional

Jelang Piala Dunia U-20 Pemkot Surabaya Kebut Penanaman Pohon

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur memasang geomembran (terpal) dan mengebut penanaman pohon di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo guna mencegah bau dari sampah tersebut menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang kondisinya akan diinspeksi oleh FIFA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Surabaya Agus Hebi Djuniantoro di Surabaya, Selasa, mengatakan, bau itu berasal dari fermentasi sampah yang ada di tempat tersebut. Fermentasi itu menimbulkan gas metan dan sulfur, sehingga menyebabkan bau kurang sedap.

“Supaya tidak bau, maka kami melakukan berbagai hal supaya nanti pada waktu penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tidak tersebar bau sampah,” kata Hebi, seperti dikutip Antara, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga : Pilot Citilink Meninggal Usai Pesawat Mendarat Darurat di Juanda

Berbagai hal yang dimaksud tersebut di antaranya pertama, DLH meminta pengelola PLTSa Benowo untuk menutup tumpukan sampah itu dengan geomembran, supaya gas yang ditimbulkan oleh sampah itu tidak keluar menyebar.

Menurut Hebi, selama ini tumpukan sampah itu memang sudah ditutup geomembran, namun sudah ada yang sobek, makanya saat ini dipasangi lagi dan ditutup semuanya. Sampai sekarang pengerjaan pemasangan geomembran baru itu sudah lebih dari 50 persen.

“Kami kebut dan targetkan dini September sudah harus selesai, tertutup semuanya. Karena nanti akan ada inspeksi dari FIFA untuk mengecek hasil pengerjaan ini. Apalagi, kalau ditutup semuanya kan juga lebih cantik secara estetika-nya,” ujar dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button