Nasional

Kemenag: Moderasi Beragama Bukan Program Ormas Islam

INDOPOSCO.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni mengatakan program Moderasi Beragama bukan program Organisasi Masyarakat (ormas) Islam tertentu seperti Nahdlatul Ulama (NU).

“Ada isu seperti itu yang berkembang. Program moderasi beragama saya nyatakan itu bukan program NU tetapi murni pemerintah. Moderasi beragama itu Wasathiyah, yaitu mengarahkan umatnya agar adil, seimbang, bermaslahat dan proporsional,” ujarnya melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Selasa.

Ia menjelaskan, moderasi beragama adalah menengahkan sikap, pandangan, dan praktik beragama. Untuk itu, diharapkan melalui program moderasi beragama semua umat bisa bersama untuk menyamakan persepsi dan visi yang bisa dicapai dengan dilandasi oleh empat indikator.

Empat indikator yang dimaksudkan yakni komitmen kebangsaan yakni kesetiaan terhadap Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, toleran, anti kekerasan dan menghargai kearifan lokal.

“Apapun agamamu, apapun aliran kepercayaanmu, jangan pernah mengaku moderat jika belum dilandasi empat indikator itu,” katanya.

Khaeroni kemudian berpesan kepada penyuluh yang merupakan corong Kementerian Agama di tengah masyarakat agar tidak mengambil tindakan yang justru bertentangan dengan nilai-nilai moderasi beragama.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button