Nasional

DPR Kanada Sepakat Aksi Invasi Rusia ke Ukraina sebagai Genosida

INDOPOSCO.ID – Para anggota parlemen Kanada sepakat dengan suara bulat pada Rabu untuk menyebut serangan Rusia di Ukraina sebagai “genosida“.

Para anggota parlemen itu mengatakan ada “banyak bukti kejahatan perang sistemik dan besar-besaran terhadap kemanusiaan” yang dilakukan oleh Moskow.

Mosi DPR Kanada itu mengatakan kejahatan perang oleh Rusia termasuk kekejaman massal, contoh sistematis pembunuhan yang disengaja terhadap warga sipil Ukraina, penodaan jenasah, pemindahan paksa anak-anak Ukraina, penyiksaan, kerusakan fisik, kerusakan mental, dan pemerkosaan.

Awal bulan ini, Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan “sangat benar” bagi semakin banyak orang untuk menggambarkan tindakan Rusia di Ukraina sebagai genosida, seraya mendukung tuduhan yang dibuat oleh Presiden AS Joe Biden.

Biden sebelumnya mengatakan pada April bahwa invasi ke Ukraina sama dengan genosida tapi telah menambahkan bahwa pengacara internasional harus memutuskan apakah invasi tersebut memenuhi kriteria genosida atau tidak.

Baca Juga: Sekjen PBB akan Temui Presiden Rusia dan Presiden Ukraina

Rusia, yang menyangkal tuduhan genosida, menyebut tindakannya di Ukraina sebagai “operasi militer khusus” dan mengatakan operasi itu perlu karena Amerika Serikat menggunakan Ukraina untuk mengancam Rusia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button