Nasional

Susi Pudjiastuti: Wanita Masa Kini Memiliki Power Menjadi Pemimpin

INDOPOSCO.ID – Wanita masa kini dinilai sudah memiliki power untuk bisa menjadi pemimpin bahkan jauh berkembang dibanding wanita di masa lalu. Dengan power yang dimiliki itu, wanita harus bisa menunjukkan keprofesionalannya di dunia kerja. Ungkap Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti dalam acara Monthly Business Clinic (MOBIC) Spesial Kartini bertajuk “Enabling & Engaging of Women Today to be Future Leader” yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Kemilau 33 Tahun FIFGROUP secara virtual pada Jumat (22/4/2022).

Menurut “Kartini” kelahiran Pangandaran tersebut, wanita saat ini terlalu terkungkung dengan permasalahan kesetaraan atau kesamaan gender. Hal itu lah yang membuat banyak wanita Indonesia menjadi merasa inferior, baik di lingkungan pekerjaan maupun di dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan MOBIC yang merupakan program yang ditujukan untuk mendorong produktivitas dan memotivasi karyawan tersebut, turut dihadiri oleh Human Capital (HC), General Support (GS), and Corporate Communication (Cor Comm) Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati beserta seluruh karyawan “Kartini FIFGROUP” yang berasal dari seluruh jaringan perusahaan dari Sabang hingga Merauke yang berjumlah lebih dari 1.000 wanita karyawan FIFGROUP.

“Kerap kali wanita di Indonesia terlalu memikirkan kesetaraan gender, padahal menurut saya, jika dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang, kita sudah jauh lebih baik mengenai isu tersebut. Mindset permasalahan tadi yang menyebabkan wanita menjadi tidak berani untuk mengambil opportunity yang sebenarnya bisa diambil,” tutur pendiri sekaligus owner dari PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Menurut wanita yang dikenal dengan jargon “Tenggelamkan saja!” itu, pada dasarnya perempuan itu memiliki kelebihan menjalankan dual roles, yakni dalam berkarir sekaligus menjadi pengurus rumah tangga, di mana hal itu menggambarkan bahwa wanita memiliki pandangan yang lebih mendetail dibandingkan pria.

“Kita bisa menjalankan berbagai peran, seperti sebagai wanita karir, ibu rumah tangga, bos dari perusahaan, dan lain sebagainya untuk menyeimbangkan urusan dalam membagi waktu kerja dan mengurus rumah tangga,” kata Susi di hadapan 1.000 wanita karyawan FIFGROUP dari Aceh hingga Papua.

Susi dikenal dengan sepak terjang sebagai pemimpin dari perusahaan yang didirikannya dan juga menjadi bagian dari Kementerian pada Kabinet Kerja I yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Selepas menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, selain masih memimpin kedua perusahaannya, Ibu 3 orang anak ini menjalankan berbagai profesi di luar pekerjaan utamanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button