Nasional

Peserta KTT G20 Wajib Taati Sistem Bubble

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan menegaskan peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kepala Negara dan Pemerintahan G20 wajib menaati seluruh alur protokol kesehatan dalam sistem bubble atau gelembung saat perhelatan puncak pada 15-16 November 2022 di Bali.

“Indonesia sebagai tuan rumah memberlakukan protokol kesehatan ketat yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh peserta pertemuan G20 sejak dari negara asal hingga kembali ke negara asal,” ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmidzi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Siti Nadia menjelaskan Kementerian Kesehatan bersama Satgas Penanganan COVID-19 telah membuat pedoman protokol kesehatan melalui Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Sistem Bubble pada Rangkaian Kegiatan Pertemuan G20 di Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19.

Sistem bubble adalah sistem koridor perjalanan yang bertujuan untuk membagi orang-orang yang terlibat ke dalam kelompok yang berbeda. Hal ini dilakukan dengan memisahkan orang-orang berisiko terpapar COVID-19 dengan masyarakat umum.

Baca Juga: Akademisi: G20 Momentum Transformasi Sektor Pertanian

Pemisahan ini disertai dengan pembatasan interaksi hanya dengan kepada orang di dalam satu kelompok bubble yang sama dan penerapan prinsip karantina untuk meminimalisasi risiko penyebaran COVID-19.

Menurutnya, kelompok bubble mencakup kelompok bubble 1 yang terdiri atas delegasi dan rombongan serta VVIP, kelompok bubble 2 terdiri atas peserta dan jurnalis, kelompok bubble 3 terdiri atas petugas atau panitia acara, dan kelompok bubble 4 terdiri atas tenaga pendukung.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button