Nasional

BPJPH Segera Terbitkan Sertifikat Halal Vaksin Merah Putih

INDOPOSCO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama segera menerbitkan sertifikat halal vaksin Merah Putih setelah melalui audit produk di LPPOM MUI serta penetapan halal produk oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“BPJPH Kemenag segera terbitkan sertifikat halal menyusul terbitnya penetapan halal MUI untuk vaksin Merah Putih yang diproduksi PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia,” ucap Kepala BPJPH Kemenag, Aqil Irham dalam keterangan tercatat yang diterima di Jakarta, Senin (14/2), seperti dikutip Antara.

Baginya, publikasi sertifikat halal adalah akhir dari proses sertifikasi halal. Berdasarkan UU 33/2014 dan PP 39/2021 sertifikat halal diterbitkan oleh BPJPH, setelah melalui sejumlah jenjang, antara lain audit produk oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan penetapan halal produk oleh Komisi Fatwa MUI.

Vaksin Merah Putih telah ditetapkan kehalalannya melalui sidang fatwa MUI pada 7 Februari 2022. Sementara LPPOM MUI selaku LPH telah melakukan audit terhadap vaksin Merah Putih tersebut pada 14 Januari.

Baca Juga: Uji Klinik Vaksin Merah Putih

“Jadi, MUI menerbitkan ketetapan halal, BPJPH terbitkan sertifikat halal,” tuturnya lagi.

Aqil merinci proses penerbitan sertifikat halal suatu produk yang diajukan pelaku usaha, BPJPH bekerja sama dengan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan MUI. Saat ini ada 3 LPH di Indonesia, yaitu LPPOM MUI, LPH Sucofindo dan LPH Surveyor Indonesia.

Tidak hanya tiga LPH itu, ada sembilan calon LPH baru yang saat ini masih dalam proses pengakuan untuk ditetapkan sebagai lembaga interogator halal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button