Nasional

Aturan JHT 56 Tahun Sudah Sesuai Amanat UU SJSN

INDOPOSCO.ID – Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No 2 Tahun 2022 tentang Cara dan Persyaratan Pembayaran Jaminan Hari Tua (JHT) dinilai sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

“Filosofi JHT kan memang untuk mengcover ketika peserta memasuki masa tua, atau pensiun,” kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (14/2), dikutip dari Antara.

Menurut Ristadi, Permenaker 2/2022 yang akan berlaku pada 4 Mei 2022, sebenarnya perintah dari pasal 37 UU 40/2004. Pada pasal itu disebutkan bahwa manfaat jaminan hari tua berupa uang tunai dibayarkan sekaligus pada saat peserta memasuki usia pensiun, meninggal dunia, atau mengalami cacat total tetap.

Berita Terkait

“Secara yuridis dan filosofis pemerintah tidak salah, situasinya saja yang belum tepat,” ujarnya.

Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang dibuat Pemerintah untuk menyiasati pekerja yang kehilangan pekerjaan juga belum sepenuhnya mampu memenuhi keinginan buruh, beban, masih perlu kejelasan dan sosialisasi tentang JKP tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button