Nasional

Ini Kata Ahli Epidemiologi Terkait Presidensi G20

INDOPOSCO.ID – Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr. Yudhi Wibowo mengatakan bahwa Presidensi G20 Indonesia 2022 akan memperkuat peran Indonesia dalam kesehatan global.

“Presidensi Indonesia dalam G20 tahun 2022 sangat penting untuk memperkuat peran bangsa ini dalam kesehatan global terutama di tengah pandemi Covid-19,” katanya di Purwokerto, Minggu (13/2/2022).

Menurut pengajar di Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut pada saat ini tantangan kesehatan menjadi isu prioritas yang perlu menjadi perhatian bersama bangsa-bangsa di dunia.

Baca Juga : Transisi Energi G20 Himpun Komitmen Global Capai Target Akses Energi

“Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa forum kerja sama multilateral G20 berperan penting dalam membangun arsitektur kesehatan dunia termasuk dalam mendorong dukungan pembiayaan kesehatan bagi negara berkembang. Terlebih lagi pada saat ini Indonesia memegang Presidensi G20,” katanya.

Dia mengatakan forum G20 akan dapat menggaungkan isu tentang kesetaraan guna menangani dan menyelesaikan masalah pandemi Covid-19 yang dihadapi sekarang, termasuk mengatasi ketimpangan ketersediaan vaksin.

“Anggota G20 terdiri dari berbagai negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. Jadi akan sangat strategis untuk menggaungkan banyak hal terutama tentang arsitektur kesehatan dunia di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya seperti dikutip Antara, Minggu (13/2/2022).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button