Nasional

Anggota Keluarga Positif Covid-19, Reisa Minta Jangan Asal Perawatan

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro meminta kepada semua pihak untuk tidak asal memberikan perawatan kepada anggota keluarga yang diduga positif tertular Covid-19.

“Hati-hati! Jangan melakukan pengobatan sendiri apalagi dengan obat-obat yang tidak dari anjuran tenaga kesehatan,” kata Reisa dalam Siaran Sehat bertajuk Antisipasi Lonjakan Gelombang Ketiga di Indonesia secara daring diikuti di Jakarta, Senin.

Reisa menuturkan gejala-gejala yang dimiliki oleh pasien Covid-19 dapat terjadi secara bervariasi dan berbeda pada setiap orang. Seperti pada gejala pada varian Omicron misalnya.

Setelah pemerintah melakukan telaah, gejala-gejala yang paling sering muncul pada pasien adalah sakit tenggorokan, batuk kering, sakit kepala atau terkena demam. Namun pada sebagian kasus, hilangnya penciuman tidak sering terjadi kepada pasien-pasien yang terkena varian baru tersebut.

Baca Juga: Kasus Konfirmasi Omicron di Indonesia Tembus 2.980

“Walaupun dinyatakan gejalanya lebih ringan dari Delta, bukan serta merta Omicron ini menjadi penyakit yang diremehkan. Ini tetap virus yang berbahaya, kita harus berhati-hati,” tegas wanita yang juga menjadi Duta Perubahan Perilaku itu.

Menurutnya, meskipun rata-rata orang yang terkena Omicron akan membaik setelah lima hari dan gejala yang diderita bersifat ringan, Reisa meminta masyarakat untuk tetap melakukan tes Covid-19 melalui laboratorium untuk memastikan secara pasti varian apa yang mengenai anggota keluarga.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button