Nasional

Kemen PUPR Terus Berinovasi Manfaatkan IT dan Komunikasi Sambut Industri 4.0

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyongsong era industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi guna mencapai efisiensi yang tinggi dan kualitas produk yang lebih baik, tidak terkecuali juga memberikan nilai tambah bagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam acara seminar nasional ITB Civil Engineering Expo (ICEE) 2022 secara daring, Minggu (30/1/2022).

“Dalam upaya untuk mengejar ketertinggalan stok infrastruktur dengan target yang tidak ringan di tengah Pandemi COVID-19, dibutuhkan keberanian untuk berinovasi terutama dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Menteri Basuki mengatakan, Kementerian PUPR terus berinovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam pembangunan dan pengoperasian infrastruktur diantaranya dalam bidang sumber daya air, terutama terkait dengan upaya penanganan banjir/kekeringan.

Baca Juga : KPK Tetapkan Mantan Bupati Buru Selatan sebagai Tersangka

“Kementerian PUPR memanfaatkan aplikasi Sistem Manajemen Air Terpadu (SIMADU) untuk memproses laporan prediksi cuaca yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh Pos Siaga Banjir terintegrasi dengan BMKG untuk melakukan penanganan. Bendungan kering Ciawi dan Sukamahi dioperasikan dengan sistem tersebut,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button