Nasional

Indonesia Terima Hampir 3 Juta Vaksin dari Jerman dan Swedia

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia menerima lagi vaksin Covid-19 dengan jumlah hampir tiga juta dosis yang berasal dari donasi Pemerintah Jerman dan Swedia.

Vaksin itu datang dalam tahap ke-202 dan merupakan vaksin produksi AstraZeneca yang merupakan vaksin jadi dengan total jumlah tepatnya 2.968.000 dosis vaksin.

“Kami atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan terima kasih sebesar-besar kepada pemerintah Jerman dan Swedia atas donasi vaksin ini,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam keterangan persnya, Jumat (28/1).

Berita Terkait

Vaksin Covid-19 itu merupakan vaksin yang dihibahkan Jerman dan Swedia melalui jalur COVAX.

Sebelumnya pemerintah Jerman juga telah beberapa kali memberikan donasi vaksin kepada Indonesia, di antaranya sebanyak dua kali pada Rabu (22/12/2021) lalu berupa vaksin Moderna sebanyak 2.389.400 dosis dan pada Jumat (24/12/2021) berupa vaksin Moderna sejumlah 2.688.000 dosis.

Baca Juga : Vaksin Merah Putih Dekati Tahap Uji Praklinis

Usman menegaskan, pandemi merupakan masalah global yang harus diatasi bersama oleh seluruh bangsa, termasuk dalam upaya vaksinasi.

Melalui COVAX atau Covid-19 Vaccines Global Access yang merupakan inisiatif global menyiapkan akses setara untuk vaksin– vaksin COVID- 19 bagi bangsa- bangsa di dunia maka Indonesia ikut ambil bagian dalam inisiatif itu.

Karena efektifnya kerjasama bilateral yang Indonesia jalin dengan pihak luar sejak awal pandemi, maka Indonesia mendapat banyak bantuan hingga donasi vaksin gratis.

Bantuan dari COVAX facility dan dari negara- negara sahabat seperti Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, Australia, Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Italia, Yunani, Uni Emirat Arab, Belanda, dan negara sahabat lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button