Nasional

Potensi Laut Indonesia Besar Tapi Belum Jadi Andalan

INDOPOSCO.ID – Wakil Presiden RI Maruf Amin mengatakan potensi kelautan di Indonesia sangat besar melebihi potensi di daratan tetapi belum menjadi andalan. Wapres menyayangkan belum adanya kemampuan untuk menjadikannya sebagai sumber daya yang unggul.

“Saya yakin itu potensinya besar sekali, lebih besar daripada potensi darat. Akan tetapi, belum jadi andalan,” kata Wapres seperti dikutip Antara, Kamis (20/1/2022).

Dengan adanya potensi di wilayah kelautan tersebut, menurut Wapres, seharusnya dapat membawa kondisi masyarakat pesisir makin sejahtera. Namun, potensi sumber daya kelautan tersebut belum dioptimalkan sehingga angka kemiskinan masih cukup tinggi di daerah pesisir.

“Daerah kelautan ini walaupun banyak angka kemiskinan, memiliki berbagai kekayaan yang banyak, termasuk terumbu karang, ikan, biota laut. Ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk masyarakat. Akan tetapi, selama ini belum kita gali,” katanya.

Baca juga : Gelar Vaksinasi Serentak Indonesia, Polda Jatim Targetkan 26.109 Dosis di 121 Titik

Untuk mendorong optimalisasi potensi dan sumber daya kelautan agar membawa kesejahteraan masyarakat pesisir, Wapres mengimbau Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir (Aspeksindo) untuk terus berperan aktif dalam mengambil langkah strategis.

“Sebagai organisasi yang mewadahi wilayah pesisir dan kepulauan dan potensi sumber daya alam yang besar, Aspeksindo supaya turut mendorong terwujudnya hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button