Nasional

Santuni Korban Banjir Aceh, Mensos Tekankan Lumbung Sosial

INDOPOSCO.ID – Kunjungan kedua Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Provinsi Aceh diawali dengan menyerahkan santunan bagi para ahli waris korban bencana banjir bandang.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Aceh menyatakan, delapan banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi dan tiga sungai meluap, yakni Sungai Krueng Peutoe, Krueng Keureuto dan Krueng Pirak, Jumat (30/12/2021) pukul 07.00 waktu setempat dengan tinggi 10- 60 cm yang mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dan 31.843 jiwa mengungsi.

“Kami turut berduka cita dan semoga bantuan yang ini bisa bermanfaat, ” ujar Risma, sapaan Mensos saat menyerahkan santunan di rumah Muhammadin Usman, ayah dari korban Teuku Andika (12) warga Kec Matang Kuli, dan Muzakir ayah dari almarhumah Sabidah (50), warga Kecamatan Pirak Timu, Kab Aceh Utara, Selasa (11/1/2022).

Di lokasi tersebut diserahkan dua santunan @ Rp15 juta total Rp30 juta dan penyerahannya disaksikan oleh Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, Kadis Aceh Utara Fuad Mukhtar, Kapolres, dan Kejaksaan.

Baca Juga : Bupati Aceh Besar Lega, Tak Penuhi Unsur Pidana, Polda Hentikan Kasus

Untuk mengantisipasi terjadi bencana, Mensos menekankan agar mengaktivasi lumbung sosial, sehingga ada kesiapan dari warga korban bencana.

“Di lumbung sosial itu berisi kebutuhan permakanan dan peralatan-peralatan yang sudah diusulkan berupa alat penjernih air yang bisa digunakan saat bencana, ” kata Mensos.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button