Nasional

Menparekraf Yakin MotoGP 2022 akan Dongkrak Kinerja UMKM Lokal

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini ajang MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan mendongkrak kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat karena ribuan pengunjung diprediksi akan hadir ke perhelatan tersebut.

“MotoGP sangat bermanfaat bagi ekonomi masyarakat setempat terutama UMKM. Ini yang dipastikan, dan pemerintah memberikan perhatian khusus,” kata dia saat Rapat Sinkronisasi Panitia Nasional Pendukung Penyelenggaraan MotoGP 2022 sebagaimana dalam keterangan pers, di Jakarta, Selasa.

Untuk itu, pihaknya disebut menyiapkan ajang MotoGP agar terlaksana dengan lancar. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meninjau langsung kesiapan panggung kejuaraan balap motor kelas utama yang dinilai menjadi simbol kebangkitan ekonomi.

Baca Juga: Hadi Tjahjanto Minta Masyarakat Sukseskan Ajang MotoGP 2022

Dalam mendorong UMKM lokal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah berbagi tugas dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Ia menyatakan pula bakal menggandeng pihak-pihak lain untuk memberikan keleluasaan kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam ajang promosi.

“Kemenparekraf akan menangani dari sisi digital dan promosi, sementara Kementerian Koperasi dan UKM menangani fisik, dan dibantu serta dikurasi oleh Bank Indonesia. Nantinya kita fasilitasi UMKM yang ada di NTB, UMKM yang berada di 5 DSP (Destinasi Super Prioritas), dan UMKM lainnya yang ada di Indonesia,” kata Sandiaga.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button