Nasional

IDAI Rekomendasikan PTM Harus Cegah Anak Makan Bersama

INDOPOSCO.ID – Ketua Umum (Ketum) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso mengingatkan, agar sekolah memulangkan anak sebelum jam makan siang. Sebab, selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen anak harus dicegah makan secara bersama-sama.

“Kan jam maksimal PTM 6 jam, sebaiknya sebelum anak lapar mereka harus dipulangkan. Ini untuk mencegah agar anak tidak berkerumun saat makan bersama-sama,” ujar Piprim Basarah Yanuarso secara daring, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: Kemendikbudristek: Usai Januari 2022 Orangtua Tidak Bisa Memilih PTM Atau PJJ

Sangat penting lagi, dikatakan dia, selama PTM penuh pedagang di kantin dilarang berjualan. Didukung monitoring dan evaluasi yang baik dari seluruh pemangku kebijakan.

“Harus ada uji kesehatan harian terhadap anak dan guru yang sakit. Dan disertai skenario terburuk bila ditemukan penularan Covid-19,” katanya.

“Rumah sakit mana yang harus dihubungi, lalu ICU mana? Jadi skenario terburuk ini harus jadi catatan pihak sekolah. Jangan euforia dan enak-enak saja yang dipikirkan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan PTM penuh harus didukung dengan sarana ruang belajar yang memadai. Salah satunya sirkulasi udara ruangan yang baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button