Nasional

Calon Mahasiswa Baru Bisa Daftar Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Begini Caranya!

INDOPOSCO.ID – Sosialisasi mekanisme penerimaan mahasiswa baru (PMB) sudah dilakukan sejak Desember lalu. pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Menurut dia, PMB 2022 dibuka untuk 75 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik jenjang Sarjana dan D4, 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan 39 PTN Vokasi (Politeknik Negeri).

Baca juga: Seminar Nasional 20 tahun GPMB: Merawat Kebhinnekaan dalam Bingkai Literasi Budaya

“Mekanisme PMB melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),” kata Ashari.

Ia menjelaskan, proses SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi Iainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah.

Sementara, SBMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTN berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja, atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

“SNMPTN tahun 2022 diawali dengan registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa melalui laman Portal LTMPT berbeda dengan 2021 lalu,” terang Ashari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button