Nasional

Menko Luhut Minta DKI Sediakan Air Minum Perpipaan 100 Persen pada 2030

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar penyediaan air minum perpipaan di Jakarta harus bisa mencapai 100 persen pada 2030 mendatang.

Hal itu disampaikan Luhut dalam konferensi pers penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Sinergi dan Dukungan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di DKI Jakarta secara daring di Jakarta, Senin (3/1/2022).

“Pada 2030 Jakarta harus mampu mencapai 100 persen akses layanan air minum perpipaan. Jadi hanya delapan tahun dari sekarang,” katanya.

Berita Terkait

Baca Juga: Wow Gunung Merapi Alami 108 Kali Gempa Guguran

Luhut mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemprov DKI Jakarta harus mampu menyediakan suplai tambahan dan tambahan infrastruktur distribusi yang mencakup 35 persen wilayah pelayanan baru dan perpipaan baru pada 2030.

Untuk mencapai target tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan rencananya ada empat fasilitas yang disiapkan untuk mendukung pemenuhan cakupan pelayanan air minum di wilayah DKI Jakarta yaitu SPAM Regional Jatiluhur I. “Ini bisa menambah 13 persen service atau layanan air minum DKI yang saat ini baru 64 persen,” tandasnya.

Kedua, yakni SPAM Regional Karian-Serpong yang diambil dari Bendungan Karian di Banten. SPAM Karian-Serpong diperkirakan bisa menambah 10 persen layanan air minum DKI Jakarta. “Rencananya bendungan akan selesai 2022,” ujarnyaseperti dilansir Antara, Senin (3/1/2022).

Sementara itu, SPAM Regional Ir. H. Djuanda/Jatiluhur II yang saat ini masih dalam tahap penyiapan diperkirakan akan menambah 7 persen.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button