Nasional

Cegah Omicron, Warga dari 13 Negara Dilarang Masuk Indonesia

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka mencegah varian baru Covid-19 yakni Omicron ke Indonesia, warga dari 13 negara yang saat ini sedang merebak kasus Omicron dilarang untuk masuk ke Indonesia.

Negara-negara yang terpapar Omicron yaitu Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, Zambia, United Kingdom (UK), Norwegia, Denmark, Malawi dan Angola.

Komandan Satuan Tugas (Satgas) Udara Covid-19 Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Kolonel Agus Listiyono, kepada INDOPOSCO, Minggu (2/1/2022) menegaskan, sistem pengamanan dan pengawasan penumpang dari luar negeri apalagi dari negara yang sudah terpapar varian baru Omicron di Bandara Soetta sangat ketat.

“Saat ini sudah ada 13 negara yang terpapar Omicron. Warga dari 13 negara itu tidak diizinkan masuk ke Indonesia. Sistem pengecekan di Bandara Soetta sangat ketat,” ujar Agus.

Agus mengatakan, titik yang pertama diawasi adalah bagian imigrasi untuk mengecek apakah ada penumpang yang berasal dari 13 negara yang terpapar Omicron atau yang transit di salah satu dari 13 negara itu.

“Sebelumnya ada 11 negara yang terpapar Omicron. Kemudian Hongkong, hilang kasus Omicron sehingga tersisa 10 negara. Namun, ada tambahan 3 negara terbaru yakni Norwegia, United Kingdom (UK) atau Inggris dan Denmark. Sehingga totalnya menjadi 13 negara,” jelas Agus.

Agus mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kasus Omicron di 13 negara itu merebak mencapai 10 ribu lebih kasus. Karena itu, apabila ada warga yang berasal dari 13 negara itu harus ditolak masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Portugal Catat Rekor Kasus Harian Omicron

“Namun kalau ada penumpang yang transit di salah satu dari 13 negara itu, maka diwajibkan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Bandara Soetta dan diterapkan karantina khusus selama 14 hari,” ujarnya.

Selain itu, kata Agus, harus ada asesmen dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta, untuk mengecek kelengkapan PCR dan vaksinasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button