Nasional

Ruang Gerak Perjuangan Perempuan Terus Berkembang

INDOPOSCO.ID – Aktivis Hak Asasi Manusia Feminis untuk Keadilan dan Demokrasi Kamala Chandrakirana memberi apresiasi pada ruang gerak perjuangan perempuan yang terus berkembang menjadi lebih majemuk di Indonesia.

Gerakan perempuan yang tadinya diisi oleh aktivis-aktivis produk zaman Orde Baru, sekarang sudah sangat beragam konstituensinya,” kata Nana, sapaan akrab Kamala Chandrakirana, ketika memberi paparan materi dalam seminar bertajuk Kesetaraan Gender : Prasyarat Masyarakat Adil, Makmur, dan Kuat yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube LP3ES Jakarta seperti dikutip Antara, Selasa (28/12/2021).

Pergerakan perempuan saat ini, berdasarkan pengamatan Nana, juga melibatkan perempuan yang berasal dari lingkungan agama, kaum muda, dan terjadi sinergisitas dengan berbagai gerakan sosial lainnya, seperti gerakan di kalangan LGBT, gerakan lingkungan hidup, gerakan masyarakat adat, gerakan buruh, dan lain sebagainya. “Pemajemukan ini merupakan suatu capaian yang perlu dirayakan,” ucapnya.

Baca Juga : Enam Aspek Dukung Wujudkan HAM dan Pembangunan Berkelanjutan

Selain gerakan perempuan yang makin majemuk, Nana juga menyampaikan apresiasi pada pendidikan kritis dan pergerakan feminis yang berada di tingkat desa dan akar rumput.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button