Nasional

Menko Luhut – Mentan SYL Groundbreaking TST Herbal Hortikultura

INDOPOSCO.ID– Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melakukan groundbreaking Taman Sains dan Tanaman Herbal Hortikultura (TSTHH) Humbang Hasundutan (Humbahas). Kegiatan ini di dilaksanakan di Desa Aek Nauli, Pollung Humbahas Sumatera Utara pada Kamis(23/12/21).

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan kedepan artificial intelegent akan mengusai dunia. Oleh karena itu, TSTHH harus dikembangkan dan menjadi pusat kerjasama reseach dunia bahkan harus menumbuhkan kawasan ekonomi baru di Humbahas, utamanya di Sumatera Utara dan kedepan akan menggerakkan perekonomian daerah hampir 200 juta US dollar.

“Reseach ini sudah kita kerjasamakan dengan berbagai universitas seperti Lusiana University, USU, Universitas Indonesia, jadi penelitian ini bersifat global. Nah perencanaan ini semua dilakukan oleh ITB,” ucap Menko Marves.

Baca Juga : Rakornas Lima DPSP, Menko Luhut Ingin Ada Pemerataan Perekonomian

Berangkat dari ini, Luhut menegaskan TSTHH ini akan menjadi salah satu taman herbal dan hortikultura dan pengembangan genom teknologi yang akan digarap dalam dua tahun kedepan dan berharap tahap pertama harus selesai pada akhir tahun.

“Dengan begitu perekonomian bisa bertumbuh sehingga baik rakyat dan petani kita bisa menikmati dan ini juga yang akan kita transfer ke tempat – tempat lain yakni hasil rekayasa yang dilakukan ini, saya kira kita akan semakin baik kedepan,”tutup Luhut.

Sementara itu, Mentan SYL mengatakan siap mengerahkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang) Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mewujudkan pengembangan reseach sains dan teknologi tanaman herbal dan hortikultura Humbahas.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button