Nasional

Tangis Bahagia Ibu Ecih Tak Terbendung, Empat Tahun Penantian PKH Akhirnya Cair

INDOPOSCO.ID – Wajah ibu Ecih tampak semringah. Senyumnya mekar dan sinar matanya berbinar. Dari staf Kementerian Sosial (Kemensos), Ecih mendapatkan kabar, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) atas nama dirinya telah cair. Ini bukan kabar biasa.

Maklum, Ecih sudah terdaftar sebagai peserta PKH sejak 2017. Namun sejak itu pula ia belum merasakan manfaat bantuan yang diberikan pemerintah.

Praktis, empat tahun bantuan itu tertahan. Jadi kabar bahwa bantuan cair dia rasakan antara mimpi dan kenyataan. Tangis bahagia tak terbendung.

Tak bisa dibayangkan, uang sebanyak lebih dari Rp20 juta, kini ada di tangannya. “Terima kasih ya bapak-bapak semuanya, maaf merepotkan dan saya sangat senang sekali akhirnya bisa mencairkan bantuan PKH,” kata Ecih, Selasa (21/12/2021).

Ecih akan menggunakan bantuan tersebut untuk keperluan sehari-hari dan peralatan sekolah. Sebagian untuk modal usaha.

Pencairan bantuan Ecih tidak lepas dari monitoring yang dilakukan tim monitoring dan evaluasi terpadu dari Kemensos RI, yang terdiri dari Inspektorat Jenderal (Itjen), Direktorat Jaminan Sosial dan Keluarga, Ditjen Penanganan Fakir Miskin, Bareskrim, Kejaksaan Agung, BPKP dan Kemenko PMK. Data Ecih terdeteksi saat digelar Focus Group Discussion (FGD) Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bansos di Banten, Kamis (16/12/2021).

Terungkap di mana ada KPM PKH di Desa Cisoka, Kec. Cisoka, Kabupaten Tangerang atas nama ibu Ecih terdaftar di data bayar dari 2017 hingga 2021 atau kurang lebih empat tahun, tetapi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dipegang saldonya selalu nol.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button