Nasional

Polisi: Terduga Teroris Batam Bertugas Kumpulkan Dana untuk JI

INDOPOSCO.ID – 4 terduga teroris yang ditangkap oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri di Batam bertugas mengumpulkan dana untuk jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI), tutur Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan.

“Pengumpulan dana itu melalui lembaga amal milik JI Syam Organizer,” tutur Ahmad Ramadhan sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dalam siaran yang sama, Ahmad menerangkan bahwa masing-masing tersangka memiliki tugas yang berbeda terkait dengan pengumpulan dana. Namun, 4 terduga teroris itu seluruhnya punya ketertarikan dengan Syam Organizer.

4 inisial terduga teroris yang ditangkap oleh Densus 88 Antiteror di Batam, Kamis (16/12/2021), adalah AG, WF, YU, dan MU.

Dari pemeriksaan awal terhadap YU, Tim Densus 88 mendapatkan informasi bahwa yang bersangkutan menyerahkan uang rata-rata sekitar Rp100 juta ke kas Syam Organizer dalam bentuk tunai.

Sebanyak 50 persen dari total uang itu, tutur Ahmad Ramadhan, kemudian dimasukkan dalam brankas khusus yang nantinya akan diberikan ke JI jika ada permintaan.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Batam

YU merupakan Ketua Syam Organizer periode 2018—2020. YU aktif mengikuti rapat kerja nasional (Rakernas) Syam Organizer pada tahun 2018 dan 2019 di Yogyakarta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button