Nasional

Efek Siklon Tropis Rai Picu Hujan Lebat di Sebagian Indonesia

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan berintensitas sedang hingga lebat yang dipicu dampak tidak langsung siklon tropis Rai, Kamis (16/12/2021), seperti dikutip Antara.

Berdasarkan pantauan BMKG sejak Rabu (15/12), masih terdapat siklon tropis Rai di Samudra Pasifik Timur Filipina dengan tekanan rendah 970 milibar dan Kecepatan angin maksimum mencapai 65 knot.

Kondisi itu diprakirakan semakin menguat intensitasnya hingga Kamis dan bergerak ke arah barat menjauhi wilayah Indonesia.

Dilansir melalui laman www. bmkg.go.id, masyarakat di sejumlah wilayah diimbau untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari siklon tropis Rai terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Awan hujan diprediksi bergerak ke wilayah Sulawesi Tengah, bagian utara Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua Barat.

Baca Juga : Tip Aman Mengenderai Motor di Tengah Hujan

Masyarakat juga perlu waspada adanya potensi angin kencang di wilayah Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua Barat bagian utara, serta peningkatan ketinggian gelombang di berbagai wilayah perairan Indonesia seperti laut Sulawesi, laut Maluku, laut Halmahera, perairan utara Papua Barat hingga Papua serta Samudra Pasifik Utara, Halmahera hingga Papua.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button