Nasional

KPK Kembali Tetapkan 15 Tersangka Baru Kasus Korupsi di Muara Enim

INDOPOSCO.ID – Komsi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan 15 tersangka baru hasil pengembangan penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji terkait pengadaan barang dan jasa di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan pengesahan APBD Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2019.

Dalam perkara ini, KPK sebelumnya telah menetapkan 16 orang tersangka dan lima terdakwa di antaranya telah berkekuatan hukum tetap yakni Robi Okta Fahlevi, Ahmad Yani, Elfin MZ Muchtar, Aries HB dan Ramlan Suryadi.

Satu terdakwa lainnya, Juarsah, saat ini perkaranya masih menunggu putusan di tingkat Pengadilan Tinggi.

Sementara 10 tersangka lainnya saat ini sedang dalam proses untuk melengkapi berkas perkara dan selanjutnya akan dilimpahkan ke tim jaksa, kemudian dilimpahkan ke pengadilan untuk diadili.

Baca Juga: Dua KA Batubara Bertabrakan di Muara Enim

Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Senin (13/12/2021) malam menjelaskan berdasarkan fakta hukum di persidangan dalam perkara dengan terdakwa Ahmad Yani dan kawan-kawan, KPK kemudian melakukan penyelidikan dan diikuti dengan meningkatkan status perkara ini ke tahap Penyidikan pada bulan November 2021, dengan mengumumkan tersangka.

Alex menyebutkan, 15 tersangka baru ini terdiri dari anggota DPRD Muara Enim yang masih aktif periode 2019-2023 yakni Agus Firmansyah (AFS), Ahmad Fauzi (AF), Mardalena (MD), Samudera Kelana (SK), dan Vera Erika (VE).

Sementara itu, 10 tersangka lainnya adalah mantan anggota DPRD Muara Enim periode 2014-2019 yaitu Daraini (DR), Eksa Hariawan (EH), Elison (ES), Faizal Anwar (FA), Hendly (HD), Irul (IR), Misran (MR), Tjik Melan (TM), Umam Pajri (UP), dan Willian Husin (WH).

Dalam konstruksi perkara, Alex memaparkan, bahwa para tersangka selaku anggota DPRD Kabupaten Muara Enim periode 2014-2019 yang melakukan pengawasan atas kinerja bupati beserta jajarannya khususnya terhadap program-program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim terkait dengan proses pengadaan barang dan jasa di Dinas PUPR Muara Enim tahun 2019.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button