Nasional

Kapal Cepat Rudal 60 M Kelima Buatan PT PAL Diluncurkan

INDOPOSCO.IDMenteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto meluncurkan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M yang kelima produksi galangan kapal industri pertahanan dalam negeri PT PAL Indonesia (Persero).

Pada acara yang diselenggarakan di Ship Lift Divisi Kapal Perang PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, dihadiri Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Kaharuddin Djenod.

“Tanpa kekuatan maritim yang kuat, tidak mungkin negara kita kuat. Ditopang dengan industri pertahanan yang kuat agar kita menjadi negara yang mandiri,” tutur Prabowo dalam sambutannya.

Baca Juga : Indonesia-Inggris Sepakat Perbarui MoU Kerja Sama Pertahanan

Pembangunan kapal ini untuk memperkuat dan memodernisasi kebutuhan alutsista di jajaran TNI Angkatan Laut(AL) sekaligus merupakan bagian dari kemandirian pemenuhan alutsista sesuai dengan amanah Undang-Undang No 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

Kapal KCR masuk dalam kategori Offshore Patrol Vessel (OPV) yang memiliki kemampuan manuver yang lincah, mampu bergerak cepat, sesuai fungsi, pengamanan wilayah maritim, dan mengejar kapal asing yang melanggar wilayah teritorial laut RI.

“l” Kita punya cita-cita besar, harus jadi tuan di laut, darat, dan udara kita sendiri. Kita bersahabat dengan semua negara tapi kita akan mempertahankan kedaulatan dengan segala cara,” tutur mantan Danjen Kopassus ini dalam siaran persnya.

Baca Juga : Menhan Saksikan Penandatanganan Kerjasama Kapal Fregat di London

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button